5 Cara Memilih Koleksi Perhiasan Emas Sebelum Membelinya

imgl0461-min

Perhiasan emas selalu mendapatkan tempat yang istimewa di hati wanita. Buktinya bahwa kebanyakan peminat emas adalah wanita. Karena bagi wanita, menjaga penampilan juga dianggap penting untuk menambah rasa percaya diri. Sehingga tak aneh jika seorang wanita memiliki koleksi perhiasan yang tidak sedikit.

Cara Memilih Koleksi Perhiasan

Selain untuk menjaga penampilan, menggunakan perhiasan juga bermaksud untuk mempercantik diri, tampil menarik dan menutup kekurangan yang lain. Namun saat kita ingin mengoleksi emas tentunya ada beberapa hal yang menjadi perhatian, yaitu sebagai berikut :

1. Tujuan Membeli Emas

Jika kita ingin memiliki koleksi perhiasan yang berkualitas tentukan dulu tujuan kita membeli emas. Misalnya, kita ingin berinvestasi maka emas yang bisa kita koleksi ialah mas batangan atau koin karena mengandung nilai yang relatif besar. Kalau untuk perhiasan, kita bisa tentukan tujuan misalnya untuk tabungan maka disarankan membeli emas yang memiliki kadar tinggi dan nilai jualnya juga akan tinggi.

2. Cek Harga Saat Ini

Emas merupakan suatu barang yang memiliki harga berubah-ubah setiap harinya. Jadi alangkah lebih baiknya jika kita mengecek harga emas setiap hari, agar kita bisa mengikuti perkembangan pemasaran emas seperti apa. Cara mengecek harga emas bisa melalui situs online atau mendatangi langsung toko saat kita membeli emas tersebut.

3. Tempat Membeli Emas

Sebelum kita berniat untuk menyimpan koleksi perhiasan kita juga harus perhatikan tempat dimana kita membeli perhiasan tersebut. Tempat yang kita tuju harus sudah terpercaya dan tidak berpindah-pindah tempat. Hal yang ditakutkan ialah saat kita membutuhkan untuk menukar atau menjual dan toko tersebut sudah pindah. Toko yang kita tuju harus memiliki pelayanan yang baik, tingkat kepercayaan yang tinggi dan memiliki track rekor yang gemilang.

4. Selalu Cek Kemurnian Emas

Harus kita ketahui, emas yang murni adalah yang tidak memiliki campuran warna lain misalnya warna hijau. Itu pertanda bahwa emas masih meninggalkan noda dan tidak dicuci dengan bersih. Biasanya noda hijau tersebut berada pada bagian pori-pori emas. Lalu jika kita membeli emas dalam bentuk perhiasan, periksa emas yang akan kita beli terdapat goresan atau tidak sebelum melakukan transaksi. Jika tidak diperiksa dengan benar maka akan berpengaruh pada harga jualnya.

5. Tanyakan Kadar Kemurnian

Secara umum di Indonesia memiliki standarisasi kadar emas yang dijual di toko-toko tidak jauh berbeda. 24 karat setara dengan 90 persen emas, 23 karat sama dengan 70 persen emas, 22 karat sama dengan 40 persen emas dan masih banyak lagi. Namun saat ini tidak semua toko tradisional di pasar yang menyediakan sistem standarisasi kadar kemurnian dan harga.

 

Check our Products on Sale!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + eight =

Ready Stock | Buy Today Shipped Today