6 Tips Penting Memilih Cincin Pernikahan

cincin-nikah-potrait

Cincin pernikahan merupakan simbol ikatan yang bernilai sakral dan tentu akan digunakan seumur hidup. Meski ada juga beberapa pasangan yang mengganti cincin pernikahan di usia perkawinan tertentu, tetap saja cincin pernikahan yang pertama kali dikenakan menjadi benda yang memiliki nilai kenangan tersendiri. Tak heran jika dalam pemilihannya, Anda tidak bisa melakukan dengan sesuka hati. Berikut beberapa tips penting yang bisa membantu Anda menemukan cincin pernikahan yang tepat.

Tetapkan anggaran dana

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda memilih cincin pernikahan tentu berkaitan dengan anggaran dana. Sebaiknya Anda dan pasangan menyepakati berapa bujet yang disediakan untuk membeli cincin pernikahan. Jangan sampai salah satu pihak merasa keberatan dengan harga beli perhiasan tanda cinta itu sendiri. Menariknya, dengan mengetahui besaran anggaran yang dimiliki, Anda pun bisa lebih mudah menemukan bahan dasar cincin yang sesuai dengan buget.

Pilih bahan dasar cincin sesuai anggaran

Di Indonesia, umumnya cincin pernikahan berbahan dasar emas dengan kadar dan berat yang berbeda-beda. Tentu saja, cincin emas dengan kadar dan berat yang ringan lebih murah dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar. Anda juga bisa menambahkan berlian sebagai mata cincin pernikahan apabila memiliki anggaran cukup besar. Sebaliknya, jika Anda memiliki anggaran terbatas, maka alternatif bahan-bahan seperti platinum, palladium, dan perak bisa dipertimbangkan.

Kenali masing-masing model cincin pernikahan

Setiap tahun, tren model cincin pernikahan akan berbeda-beda. Cincin bergaya solitaire tetap menjadi favorit sebagian besar pasangan di Indonesia. Namun, ada pula cincin bergaya edgy untuk Anda yang selalu ingin tampil beda. Dengan mengenali masing-masing model cincin pernikahan, maka Anda lebih mudah menyesuaikan dengan kepribadian diri sendiri. Usahakan untuk memilih model yang timeless sehingga Anda tak perlu mengganti cincin pernikahan.

Tentukan ukuran cincin dengan tepat

Selanjutnya, Anda juga wajib menentukan ukuran cincin dengan tepat agar nyaman digunakan sepanjang masa. Hindari memilih ukuran cincin terlalu besar atau kecil dengan ekspektasi perubahan berat badan pasca pernikahan. Saat terbaik untuk membeli cincin pernikahan adalah di sore hari ketika Anda berada dalam suhu tubuh normal. Jangan membeli cincin secara tergesa-gesa yang menimbulkan kesalahan pemilihan ukuran cincin.

Pertimbangkan masalah perawatan

Mengingat cincin pernikahan terbuat dari logam mulia, maka diperlukan perawatan khusus untuk menjaga penampilannya tetap cantik sepanjang waktu. Terlebih cincin pernikahan digunakan setiap hari sehingga lebih mudah kotor akibat keringat, debu, ataupun kotoran lainnya. Untuk itu, pertimbangkan model dan bahan dasar cincin yang mudah dibersihkan sendiri di rumah, seperti cincin emas.

Periksa kembali kualitas cincin yang dibeli

Pembelian cincin pernikahan dengan kualitas terbaik biasanya dilengkapi dengan dokumen lengkap. Biasanya dokumen cincin pernikahan akan disertai dengan keterangan bahan, kadar, berat, tanda pembuat cincin, hingga tanda kualitas seperti 24K atau PLAT. Beberapa toko perhiasan juga menyediakan fasilitas garansi apabila sewaktu-waktu ingin membersihkan atau mengubah ukuran cincin.

 

Pada akhirnya, pemilihan cincin pernikahan akan menjadi momen berharga untuk Anda dan pasangan. Untuk itu, pilih sepasang cincin yang benar-benar Anda sukai dan nyaman dipakai. Anda bisa coba menemukannya di Whizliz.com yang menyediakan aneka jenis perhiasan cantik dan menarik.

Tentu saja, model cincin pernikahan tidak harus selalu sama 100% dengan pasangan. Namun, untuk menjadikan sepasang cincin tersebut lebih bermakna, jangan ragu menambahkan detail kalimat grafir yang menarik. Baik berupa inisial nama ataupun tanggal pernikahan Anda dan pasangan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 9 =