10 Negara Penghasil Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Negara Penghasil Tambang Emas Terbesar Di Dunia

PT Freeport Indonesia dikenal sebagai perusahaan penambang emas di negeri papua. Namun belum banyak orang tahu Negara Penghasil Tambang Emas Terbesar Di Dunia ini sebagai penyumbang banyak emas bagi para produsen maupun retail.

Walaupun freeport dikenal sebagai salah satu penambang emas terbesar di dunia nyatanya ada banyak penambang dari negara lain yang juga terus mengeruk hasil kekayaan bumi lalu diambil emasnya. Baik dijadikan investasi maupun perhiasan.

 

Faktanya : Negara Bisa Menghasilkan Hampir 400 ton emas!!

10 Negara Penghasil Tambang Emas Terbesar Di Dunia

Negara Hasil Tambang Emas
China 399,7
Australia 312,2
Rusia 281,5
Amerika Serikat 253,2
Kanada 193
Indonesia 190
Peru 155,4
Afrika Selatan 123,5
Meksiko 121,6
Ghana 101,8

Faktanya China memegang peranan penting sebagai tambang emas paling besar di dunia. Pada tahun 2018 china mampu menghasilkan emas lebih dari 399,7 ton. Data tersebut memberikan gambaran betapa digdayanya negeri china di semua bidang.

 

Asia dan Amerika Mendominasi Penambang Emas Terbesar

Afrika selatan pernah mencapai 1.000 ton pada tahun 1970.  Sebelum china mengambil alih 20 tahun setelahnya. Setelah itu mulai banyak negara dari asia dan amerika berlomba sebagai penghasil terbesar didunia.

Bagi yang mengetahui brand tiffany&co asal Amerika Serikat perusahaan tersebut ditopang oleh banyak penambang emas. Yang menjadikan mereka sebagai merek perhiasan terkenal di kalangan artis hollywood. Mulai dari brie larson,lupita nyongo, dan artis terkenal lain.

 

Baca Juga : 7 Lokasi Penambang Emas di Indonesia Yang Terkenal Ke Seluruh Dunia

 

China Tidak Tertarik Menyimpan Emas

Sebagai negara penghasil tambang emas dan emas batang didunia, China terlihat tidak begitu tertarik untuk menyimpan hasil penambangan mereka. Mereka cenderung untuk menyimpan emas sebagai devisa kekayaan negara. Mengingat ekonomi dan mata uang china merupakan salah satu yang terbesar didunia.

Lain hal dengan negara yang “hobi” menyimpan cadangan emas yang menyimpan

Negara Cadangan Emas (ton)

  • Amerika Serikat (8.133,5)
  • Jerman (3.371)
  • Italia (2.451,8)
  • Prancis (2.436)
  • Rusia (1.909,8)

Amerika Serikat menjadi negara nomor satu. Mengingat mereka terus meraup banyak untung melalui cadangan emas mereka. Yang kemudian hari “nilai” dari emas mereka bisa meningkat berbarengan dengan nilai mata uang dollar.

Seperti yang pernah dibahas Faktor yang mempengaruhi Harga Emas banyak sekali, salah satunya nilai mata uang dollar as yang fluktuatif. Terkadang bisa akan sangat mahal, namun sekalinya turun harga emas akan tidak terlalu berbeda jauh dengan harga sebelum turun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + fourteen =