3 Tips Merawat Perhiasan Emas Supaya Terlihat Kinclong

Tips Merawat Perhiasan Emas

Tips Merawat Perhiasan Emas berikut ini menjadi panduan bagi anda untuk menangkan banyak persepsi di masyarakat yang mempercayai bahwa perhiasan emas tidak akan berkarat atau memudar.

Tapi nyatanya, bila anda tidak dapat merawat perhiasan emas dengan baik, sangat besar kemungkinan untuk perhiasan tersebut menghitam. Terlebih kalung berlian yang terdiri dari rantai-rantai kecil. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk merawat perhiasan emas?

Tips Merawat Perhiasan Emas Agar Terlihat Selalu Baru

Tips Merawat Perhiasan Emas

Hindari Zat Kimia

Saat hendak berpergian, usahakan perhiasan emas yang kamu pakai tidak terkena oleh zat kimia seperti contohnya parfum. Hal ini disebabkan karena parfum mengandung zat klorit yang dapat merusak struktur dalam emas.

Biasanya yang paling sering terkena parfume secara langsung adalah gelang emas serta kalung emas. Bukan hanya itu, zat kimia lain seperti sabun, body lotion, serta hair spray juga sebaiknya tidak langsung mengenai anting emas maupun cincin emas. Usahakan melepas terlebih dahulu semua perhiasan yang kamu miliki saat hendak mandi.

Simpan Dalam Kotak Perhiasan Non-Iron

Saat membeli perhiasan, beberapa toko akan memberikan secara gratis kotak tempat menyimpan perhiasan. Biasanya terbuat dari badan bludru, kain satin, maupun kotak yang sekedar berlapis kertas.

Jangan menyimpan perhiasan berbahan emas di dalam kotak yang berbahan besi seperti kaleng permen dan sebagainya karena dapat menimbulkan proses korosi. Usahakan juga untuk tidak menyampurkan perhiasan satu dengan yang lain agar tidak terjadi gesekan yang menimbulkan goresan.

Bahkan bila menyatukan penyimpanan kalung emas maupun gelang emas dengan perhiasan lain, akan sangat mudah bagi rantai tersebut untuk melilit satu sama lain.

Baca Juga : Tips Memilih Model Kalung Emas

Jangan Dipakai Berenang & Berendam

Cara paling mudah untuk membuat perhiasan emas jadi kusam adalah dengan air laut & air belerang. Reaksi perhiasan terhadap zat seperti garam & belerang akan sangat mudah memudarkan emas, apalagi untuk perhiasan dengan kadar emas rendah.

Lagi pula, memakai perhiasan emas ke pantai atau pun pemandian air panas sangat berisiko tinggi untuk terjadinya kehilangan. Sama seperti saat berolahraga, pastikan kamu melepas terlebih dahulu perhiasan yang mudah lepas seperti cincin emas, gelang emas, maupun kalung emas.

Kebanyakan toko perhiasan emas pasti memberikan jasa membersihkan secara gratis. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membersihkannya sendiri terlebih dahulu. Cara paling mudah adalah dengan merendam perhiasan emas pada air panas selama beberapa menit, lalu lap dengan kain halus seperti layaknya merawat lensa kacamata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + eighteen =