4 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Cincin Tunangan

Model cincin couple

Selamat! Anda akhirnya sudah menemukan pasangan dan berencana untuk melangsungkan pertunangan? Salah satu hal yang harus dipersiapkan adalah membeli cincin yang pas untuk pasangan. Bukan hanya design cincin yang sesuai, 4 hal berikut ini harus diperhatikan sebelum membeli cincin tunangan. Simak keempat-nya dalam artikel ini.

 

4 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Cincin Tunangan

Budget is the First Priority

 

 

Hal pertama yang penting dan harus dipertimbangkan adalah budget. Sebelum pergi ke toko perhiasan, lakukan riset kecil secara online. Misalnya ketik “berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk membeli cincin tunangan”.  Jika mayoritas hasilnya mengungkapkan bahwa budget yang harus dikeluarkan lebih besar daripada pemasukan Anda, maka sebaiknya menunda pertunangan & menabung terlebih dahulu. Pada dasarnya, tidak standar khusus tentang budget berapa yang harus dialokasikan untuk membeli cincin tunangan. Yang terpenting adalah kenyamanan dan kembali pada budget masing-masing orang.

 

Your Partner’s Taste

 

Hal yang perlu diingat adalah partner Anda kemungkinan besar akan memakai cincin tunangan selamanya. Jadi, sebelum membeli cincin, perhatikan selera pasangan Anda. Apakah ia lebih suka cincin emas putih, emas kuning, berlian, atau rose gold? Anda boleh saja sangat menyukai tipe cincin emas kuning dan ingin memberikan cincin jenis ini pada pasangan Anda. Namun, jika ia tidak menyukainya, lebih baik jangan.

 

 

Baca Juga : Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Bedanya Apasih?

 

 

Ukuran Jari Pasangan

 

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua cincin bisa di-resize. Cincin dengan design antik, cincin dengan aksen batu yang mengelilingi ring band, cincin dengan ukiran atau permata yang membungkus seluruh ring band akan sulit untuk di-resize. Oleh karena itu, lebih baik membeli ukuran cincin yang tepat dari awal. Untuk mengukur ukuran jari pasangan, Anda bisa mencoba cara ini. Saat Anda sedang bersama pasangan dan kebetulan ia sedang memakai cincin di jari yang Anda kehendaki, pinjamlah cincin itu sebentar. Lalu, segeralah buat cetakan lingkar cincinnya di atas kertas dan simpan kertasnya di saku untuk kemudian diukur diameter gambar cincinnya dengan penggaris di rumah.

 

Perhatikan 4C

 

Aturan 4C di sini berlaku saat Anda ingin membeli berlian. 4C yang dimaksud di sini adalah Clarity, Color, Cut, and Carat. Clarity adalah standar berlian yang diukur berdasarkan pertimbangan jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran dan warna pencemar, dan jenis mineral pencemar yang ada di dalam sebuah berlian. Semakin jernih, maka harganya akan semakin tinggi. Sedangkan Color merupakan skala warna. Semakin rendah skala warna, maka akan semakin rendah pula harganya. Tingkat warna berlian dikembangkan oleh GIA, ada pada kisaran putih hingga kuning. Selanjutnya, Cut merupakan cutting atau potongan berlian yang akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut. Terakhir adalah Carat. Satu karat setara dengan 0.2 gram atau 200 mg.

Sudah tau mau membeli cincin seperti apa untuk pasangan Anda nanti? Sebelum membeli, perhatikan Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Cincin Tunangan melalui ke-empat hal di atas. Jika Anda masih bingung, ada beragam koleksi perhiasan cincin emas kuning, emas putih, dan berlian yang dapat Anda jadikan pilihan di whizliz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − eight =