5 Fakta Unik Tentang Perhiasan Emas yang Tidak Banyak Diketahui

fakta unik tentang perhiasan emas

Apa yang Anda ketahui tentang perhiasan? Aksesoris pelengkap penampilan atau salah satu bentuk investasi? Selain kedua hal tadi, sebenarnya perhiasan emas memiliki banyak cerita menarik yang tidak banyak diketahui orang. Penasaran? Simak 5 fakta unik tentang perhiasan emas yang tidak banyak diketahui orang dalam artikel ini.

 

Fakta Unik Tentang Perhiasan Emas yang Tidak Banyak Diketahui

Emas Diklaim Berasal dari Luar Angkasa

 

Tidak ada yang mengetahui secara pasti tentang asal usul dari emas. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, emas yang saat ini ada awalnya berasal dari bintang-bintang neutron yang saling bertabrakan. Fakta menarik lainnya adalah emas berasal dari ledakan supernova, kemudian dari ledakan tersebut melebur menjadi partikel yang mengendap di bumi. Dari partikel-partikel tadi terbentuk atom-atom emas yang seiring berjalannya waktu berubah menjadi bentuk lempengan yang lebih besar.

 

Perhiasan Emas Pertama Berasal dari Mesir

 

Perhiasan emas memang sudah sejak lama digunakan oleh manusia. Tapi, tidak ada yang mengetahui secara pasti waktu dan lokasinya. Namun, menurut catatan sejarah yang ada, perhiasan emas pertama kali berasal dari Mesir. Di masa 5000 tahun sebelum Masehi, orang-orang Mesir membuat perhiasan emas dengan mencampur emas dan perak. Campuran keduanya dinamakan sebagai bahan Electrum. 

 

Perhiasan Emas Tidak Hanya Digunakan Sebagai Aksesoris

 

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, perhiasan emas pertama kali muncul di Mesir. Pada masa itu, perhiasan emas tidak hanya dipakai sebagai aksesoris. Tapi, juga sebagai penanda status sosial. Selain perhiasan emas, emas dalam bentuk logam mulia juga digunakan sebagai alat untuk memuja pada dewa. Masyarakat di jaman dulu percaya bahwa emas merupakan simbol kekuatan dan keabadian.

 

Emas Putih adalah Emas Kuning

 

Pernahkan Anda memiliki perhiasan emas putih & lama kelamaan warnanya berubah menjadi kuning? Perhiasan emas putih pada dasaranya berasal dari emas kuning. Dalam jangka waktu yang lama, warna perhiasan emas putih bisa luntur. Hal ini dikarenakan lapisan rhodium dalam emas putih lama kelamaan akan hilang, sehingga warna asli emas akan terlihat.

 

Emas Tua dan Emas Muda

 

Penggemar perhiasan emas pasti sudah mengetahui fakta ini. Emas tua dan emas muda dibedakan dari kadar karat sebuah emas. Perhiasan emas muda memiliki kadar emas di bawah 42% sedangkan emas tua memiliki kadar di atasnya. Itulah 5 fakta menarik tentang perhiasan emas. Menurut Anda fakta mana yang paling menarik?