Bolehkah Memakai Cincin Tunangan di Tangan Kanan?

Cincin Tunangan

Anda dan pasangan sudah menjalin hubungan dalam waktu lama dan akhirnya memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Sebelum menikah biasanya kebanyakan pasangan memilih untuk bertunangan. Pertunangan menjadi salah satu tahapan penting. Selain melibatkan izin dan restu dari kedua pihak keluarga, ada beberapa persiapan yang harus dipikirkan seperti memillih cincin tunangan dan di jari manakah seharusnya cincin tunangan digunakan. Biasanya cincin tunangan dipakai di tangan kiri. Namun ada juga beberapa orang bahkan selebriti yang mengenakan cincin tunangan di tangan kanan. Bingung dan penasaran dengan di manakah seharusnya lokasi cincin tunangan disematkan? Simak fakta dan sejarah menariknya di sini.

 

Bolehkah Memakai Cincin Tunangan di Tangan Kanan?

Fakta & Sejarah Cincin Tunangan Digunakan di Tangan Kiri

 

Tradisi menyematkan cincin emas di tangan kiri dimulai oleh orang Romawi kuno. Dulu mereka memiliki keyakinan bahwa jari manis di tangan kiri memiliki pembuluh darah bernama Vena Amoris atau Vein of Love yang terkoneksi langsung ke jantung. Penyematan cincin di jari manis tangan kiri merupakan simbol bahwa hati mereka sudah terisi. Tradisi tersebut kemudian terus menyebar ke banyak Negara di dunia dan dilakukan hingga saat ini. Di Jerman dan Belanda misalnya, cincin tunangan disematkan di tangan kiri untuk menandakan perubahan status sosial.

Tapi tahukah Anda kalau ada juga tradisi menyematkan cincin tunangan di tangan kanan? Beberapa Negara seperti Norwegia, Denmark, Rusia, Polandia, dan lainnya terbiasa untuk menggunakan cincin tunangan di tangan kanan. Selama bertahun-tahun orang di India juga memakai cincin di tangan kanan karena tangan kiri dianggap tidak suci. Namun, saat ini di India orang sudah diizinkan untuk mengenakan cincin tunangan dan cincin kawin di jari dan tangan manapun.

 

Jadi, Cincin Tunangan Sebaiknya Digunakan di Tangan Kanan atau Kiri?

 

Walaupun cincin tunangan di banyak tradisi biasanya dipakai di tangan kiri dan banyak orang yang mengikuti kebiasaan tersebut, sebenarnya Anda atau pasangan dapat mengenakan cincin di tangan dan jari manapun. Bahkan, jika tidak mengenakan cincin tunangan di jari pun sebenarnya tidak masalah. Anda atau pasangan bisa menggunakan cincin tunangan sebagai liontin kalung, menarik untuk dicoba bukan?

Itulah fakta dan sejarah tentang lokasi penyematan cincin tunangan yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda menyiapkan cincin tunangan yang sesuai dengan Anda dan pasangan agar momen spesial jadi semakin berkesan. Tak perlu bingung, Anda bisa menemukan cincin tunangan yang cocok di Whizliz. Mulai dari cincin emas hingga berlian, semua bisa Anda dapatkan dengan kualitas terbaik.