Mau Investasi Emas? Simak 4 Cara Memaksimalkan Keuntungannya di Sini!

Cara Memaksimalkan Investasi Emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang memberikan banyak keuntungan. Bahkan sekarang emas berpotensi memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Saat ini, emas harganya sudah hampir mencapai 800 ribu. Walaupun terkesan menguntungkan, ada beberapa kerugian jika salah melakukan investasi emas. Mau investasi emas? Simak 4 cara memaksimalkan keuntungannya di sini!

 

Cara Memaksimalkan Investasi Emas

Tentukan Tujuan Investasi yang Benar

 

Apa tujuan Anda saat berinvestasi emas? Apakah untuk investasi jangka panjang atau agar dapat dipamerkan dan terlihat menarik saat datang ke pesta? Untuk tujuan jangka panjang, sebaiknya beli emas dalam bentuk logam mulia atau batangan. Membeli emas dalam bentuk koin, logam, atau batangan juga lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu membaya biaya pembuatannya. Jika Anda adalah pemula dalam investasi emas & bingung jenis emas batangan seperti apa yang tepat. Pilih emas batangan yang memiliki sertifikat Antam 99.99%. Anda bisa mendapatkannya di Whizliz. Tersedia pilihan LM Emas Antam mulai dari 2 gram hingga 50 gram.

 

Perhatikan Cara Menyimpan Emas

 

Seperti halnya investasi lainnya, investasi emas pun perlu dijaga. Emas lebih berisiko hilang atau dicuri oleh orang lain. Jangan menyimpannya secara sembarangan. Selalu usahakan untuk memilih tempat penyimpanan emas yang aman. Jika jumlah emas yang Anda miliki ada banyak, sebaiknya titipkan emas ke tempat yang aman seperti bank dan pegadaian. 

 

Selalu Pantau Harga Emas

 

Ini adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam berinvestasi emas. Jika Anda sudah memiliki emas, dan ingin menjualnya, jangan sampai menjual emas saat harganya di bawah harga beli. Selain itu, jika ingin menjual atau membeli emas, sebaiknya bersabar untuk menunggu harga jual emas sesuai dengan yang Anda inginkan. Jangan terlalu terburu-buru.

 

Hindari Membeli Emas dengan Berhutang

 

Beberapa orang memutuskan untuk berhutang saat ingin berinvestasi emas. Membeli lewat hutang hanya akan mendatangkan potensi kerugian yang besar. Hal penting yang perlu dicatat adalah, selalu posisikan emas sebagai instrumen jangka panjang. Jangan menjadikan emas sebagai instrumen investasi jangan pendek dengan harapan bisa kaya mendadak saat membeli dan menjualnya kembali. 

 

Membeli Emas dalam Ukuran Kecil

 

Ada anggapan bahwa membeli emas dalam ukuran besar akan lebih menguntungkan. Namun sebenarnya, lebih sulit menjual emas dengan ukuran besar. Jika ingin mudah mencairkannya sewaktu-waktu, lebih baik berinvestasi dalam ukuran yang kecil. Itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat dari investasi emas. Semoga bermanfaat ya!