Cincin Berlian Dan Kalung Berlian Tidak Selalu Mahal? Benarkah?

Cincin berlian dan kalung berlian

Kebanyakan orang masih menganggap bahwa cincin berlian ataupun kalung berlian itu mahal, dan hanya dapat dimiliki oleh kelas-kelas masyarakat tertentu. Maka tak heran bila cincin ataupun kalung berlian sering dijadikan simbol prestige, kejayaan, dan lambang-lambang negara.

Cara Cek Cincin Berlian

Cincin Berlian dan Kalung Berlian Mahal?

Pertanyaan seperti itu memang sering mengganggu pikiran banyak pecinta perhiasan dari seluruh dunia. Namun pada kenyataannya bahkan di Indonesia sendiri sudah terdapat beberapa jenis dan tipe berlian yang dijual dengan harga yang cukup murah seperti misalnya Berlian Simulant  yang sudah masuk ke beberapa wilayah di Indonesia.

Setidaknya bagi Anda yang ingin membeli berlian ataupun yang hendak menambah koleksi perhiasan Anda dengan berlian bisa menggunakan teknik 4C untuk mendapatkan berlian yang terbaik walaupun dengan harga yang murah, sehingga Anda tidak akan mendapatkan kualitas yang buruk, atau dengan kata lain mengalami penipuan kualitas dan harga. Karena kita semua tahu, kualitas dari sebuah berlian sangat menentukan dari rasa kepuasan pemiliknya.

4C yang dimaksud antara lain adalah Cut, Clarity, Color, dan Carat

Baca Juga : Teliti sebelum membeli perhiasan berlian

Cut

Setiap potongan atau bentuk dari berlian memiliki daya tarik tersendiri, dan akan dapat menghasilkan kilau yang lebih sempurna. maka dari itulah, pemotongan dan pembentukan berlian menjadi sesuatu yang sangat indah dan sempurna dibutuhkan proses yang cukup panjang, detail sekaligus rumit. Maka bila sebuah berlian memiliki lekuk atau potongan yang indah dan cantik, serta dengan harga yang cukup murah, maka tidak ada alasan Anda  menunda untuk memilikinya.

 

“good cut make a good quality then make a good price”

Clarity

Clarity atau kejernihan biasa dijadikan sebagai standarisasi utama dari berlian. Proses pengukuran juga berdasarkan kepada jumlah mineral pencemar, dan berbagai unsur lain yang terkandung didalamnya. Jadi jika anda hendak membeli sebuah berlian yang baik perhatikan kualitas dari struktur kejernihan sebuah berlian dan telah memiliki sertifikat.


Color

Mungkin sebagian dari Anda masih mengira bahwa warna berlian hanya berpatok kepada warna putih. Namun sebenarnya, ada beberapa warna berlian lain seperti biru, merah, hijau, atau kuning terang yang kerap disebut sebagai fancy color. Jadi, jika gradasi warna pada berlian yang akan anda beli terlihat sangat baik, maka sudah sepantasnya Anda untuk mendapatkannya.

Carat

Yang terakhir dan yang menjadi hal yang terpenting dalam setiap pembelian sebuah cincin berlian dan kalung berlian. Adalah ukuran dan berat yang dinyatakan dalam satuan karat.

Pengukuran biasanya dilakukan dengan sangat detail dan tepat, agar mendapatkan hasil yang akurat. Sebagai contoh, satu karat berlian setara dengan 0.2 gram atau 200 mg atau 1/5 gram yang terbagi menjadi 100 poin.

Jadi kesimpulannya, penentuan mahal atau tidaknya sebuah berlian dapat dilihat dari 4 hal tersebut. Karena tentu saja, kualitas sejalan dengan apa yang Anda keluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 14 =