6 Keuntungan Memilih Investasi Emas Dibandingkan Investasi Lain

Keuntungan Investasi Emas

Investasi emas masih diandalkan, terutama bagi Anda yang baru mulai belajar berinvestasi. Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas dikenal sebagai instrumen yang memiliki kecenderungan mengalami kenaikan harga setiap tahunnya. Tak heran jika hingga saat ini investasi emas tetap digemari, baik berbentuk perhiasan, emas batangan, logam mata uang, dan tabungan emas. Jadi, apa saja keuntungan investasi emas untuk Anda?

Keuntungan Memilih Investasi Emas

Investasi Emas

Minim Risiko

Keuntungan Memilih Investasi Emas dikenal memiliki pergerakan yang statis sehingga memiliki risiko investasi yang sangat rendah. Kondisi tersebut jelas berbeda dari investasi saham dan obligasi yang memiliki pergerakan cukup dinamis dan drastis dari waktu ke waktu. Terlebih Anda tidak membutuhkan modal besar untuk memulai investasi emas. Dengan begitu, investasi emas jelas menguntungkan untuk Anda.

Mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai

Apabila Keuntungan Memilih Investasi Emas dalam instrumen saham, obligasi, dan properti cukup sulit dan hanya bisa dicairkan pada waktu tertentu, maka kondisi tersebut tidak berlaku untuk investasi emas. Saat membutuhkan uang tunai, Anda bisa secara langsung menjual emas dalam waktu yang lebih cepat dan fleksibel dibandingkan investasi pada instrumen lainnya. Permintaan emas yang selalu meningkat membuat harga jualnya cenderung selalu mengalami peningkatan pula.

Dapat melindungi nilai kekayaan

Investasi emas mudah dilakukan oleh siapa saja termasuk para pemula. Selain itu, investasi emas juga mudah dipindahkan dan tidak mudah tergerus inflasi dan krisis ekonomi dunia. Tak tanggung-tanggung, saat inflasi tengah berlangsung, harga emas justru cenderung mengalami peningkatan sehingga menjanjikan keuntungan bagi Anda. Kondisi ini tidak bisa Anda dapatkan dari instrumen investasi lainnya.

Emas dapat dijadikan jaminan

Selain bisa dijual langsung, ternyata emas juga bisa dimanfaatkan sebagai barang jaminan ketika Anda hendak meminjam uang tunai dalam jumlah besar. Umumnya, pegadaian dan bank menyediakan fasilitas pinjaman dengan jaminan investasi emas maupun perhiasan emas. Namun demikian, pelajari terlebih dulu peraturan yang disediakan oleh masing-masing lembaga keuangan tersebut.

Baca Juga : Investasi Emas Sejak Dini Baik Untuk Anak

Daya beli cenderung tetap

Meskipun minim risiko, bukan berarti emas tidak fluktuatif. Terkadang emas memang mengalami penurunan harga. Namun, kemungkinannya sangatlah kecil. Misalnya, saat harga emas turun dari 1,000 dolar menjadi 500 dolar, harga kebutuhan pokok seperti minyak dan beras ikut mengalami penurunan. Daya beli masyarakat terhadap emas pun tidak akan berubah. Jadi, Anda yang berminat menjual kembali emas tidak perlu khawatir sepi pembeli.

Proses jual beli yang sangat mudah

Keunggulan lain yang juga ditawarkan investasi emas adalah kemudahannya. Bagi yang hendak membeli atau menjual emas dalam bentuk perhiasan, sudah banyak toko yang menyediakan layanan tersebut. Sedangkan untuk emas logam mulia, Anda bisa membuka tabungan emas di Pegadaian. Nah, bahkan sekarang ada opsi yang lebih praktis, yaitu melalui online platform seperti Whizliz. Cukup kunjungi situs Whizliz.com, lalu Anda bisa memilih emas yang akan dibeli, baik dalam bentuk perhiasan maupun logam mulia.

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih investasi emas. Hanya dengan menyisihkan sebagian penghasilan, Anda bisa mulai mengumpulkan emas untuk dijadikan investasi yang menguntungkan. Pastikan Anda membeli emas ketika harganya cenderung rendah dan menjualnya di kemudian hari ketika sudah mencapai harga jual tertinggi.

Soal keamanan tak perlu khawatir, instrumen investasi emas mudah disimpan dan dibawa ke mana saja serta tidak akan berubah harganya meski terdampak bencana alam. Pembeliannya pun bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk mulai investasi emas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − 1 =