Perbedaan Berlian Intan dan Permata, Sudah Tahu?

Perbedaan Berlian Intan dan Permata

Banyak masyarakat,netizen, dan orang Indonesia belum mengetahui Perbedaan Berlian Intan dan Permata. Pada Dasarnya ke-3 elemen tersebut sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan pada umumnya.

Ciptaan Tuhan dan sudah ada sejak bumi lahir. Keberadaan intan berlian dan permata belum banyak orang tahu. Sampai pada akhirnya ilmuan dan penambang banyak berkelana kepenjuru bumi untuk menemukan kekayaan alam.

Untuk mengetahui apa perbedaan dari ke-3 permata intan berlian permata cantik tersebut mari kita bahas satu persatu.

Perbedaan Berlian Intan dan Permata

1. Berlian

the-graff-pink-whizliz-cincin-berlian

Berlian merupakan pernak pernik perhiasan yang telah melalui proses pemotongan 4C (Cut,Color,Carat, dan Clarity). Salah satu yang disebutkan ialah intan, merupakan bahan dasar utama pembuatan berlian.

Berlian merupakan mineral yang terbuat dari bahan yang keras. Saking kerasnya sebuah berlian sampai banyak pesona yang ditampilkan dari sebuah berlian. Indah,mempesona,memikat, hingga berkilau.

Mengandung karbon murni, atom karbon dalam berlian yang terikat sangat kuat. Berlian merupakan permata yang sangat keras. Permata berlian yang menjadi perhiasan dibuat menjadi cincin berlian,kalung berlian, dan perhiasan lain yang umumnya disukai para wanita.

Berlian memiliki indeks bias tertinggi dibanding semua permata

2. Intan

Intan berlian

Intan adalah bahan dasar pembuatan berlian. Belum diolah dan masih berbentuk batu-batu. Intan berasal dari mineral karbon murni kristal. Melalui proses panjang kimia yang ada didalam bumi. Yang berlangsung selama ratusan tahun.

Intan masuk kategori batuan permata paling keras

Terdapat dua jenis intan. Alami dan buatan. Intan alami merupakan hasil tambang asli yang dilakukan penambang dari hasil bongkahan yang ada diperut bumi. Sedang intan buatan adalah melalui proses kimiawi yang dibentuk sedimikian rupa sehingga menghasilkan bahan untuk pembuatan berlian.

Karena kebutuhan industri yang sangat banyak, proses pembuatan intan buatan dipotong dengan proses pemanas buatan. Sehingga pembuatan tidak memakan waktu yang lama.

Baca Juga : Mitos Cincin Berlian Yang Ada di Seluruh Dunia

3. Permata

Permata

Sekilas batu permata menyerupai batu akik yang sempat viral beberapa tahun belakangan. Permata adalah batu mineral yang terbentuk melalui proses geologi. Proses kimiawi dilibatkan dalam proses pembuatan. Permata melewati proses pemolesan sebelum menjadi menjadi bahan untuk perhiasan

Berlian merupakan salah satu jenis batu permata

Saking indahnya batu permata. Kekayaan alam yang satu ini menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat. Mereka membedakannya menjadi dua jenis, batu mulai dan semi mulia.

Kategori Yang Masuk Batu Mulia :

  • Safir
  • Rubi
  • Zamrud
  • Berlian

Kategori Yang Masuk Batu Semi Mulia :

  • Amethyst
  • Aquamarine
  • Opal

Tidak hanya mempercantik, batu-batu tersebut dikaji banyak membawa banyak manfaat kesehatan. Dan tentunya membawa keberuntungan bagi siapa saja yang beruntung memilikinya.

Banyak perbarui informasi kamu seputar perhiasan emas dan berlian hanya di Whizliz.com. Tempat Belanja Online Perhiasan No 1 di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 5 =