Semua Hal Yang Harus Diketahui Tentang Rose Gold

Semua Hal Yang Harus Diketahui Tentang Rose Gold

Apa yang terpikirkan saat pertama kali mendengar kata gold? Warna emas yang berkilau dan bersinar? Emas yang banyak beredar memang berwarna gold atau putih. Tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa ada juga jenis emas berwarna rose gold. Emas ini adalah jenis traditional jewelry yang terkadang dipilih oleh sebagian orang sebagai cincin pernikahan dan cincin pertunangan.

 

Semua Hal Yang Harus Diketahui Tentang Rose Gold

Sejarah Rose Gold

 

Selain populer digunakan sebagai perhiasan/aksesoris, rose gold juga memiliki sejarah panjang di balik kepopulerannya. Rose gold pertama kali populer di awal abad ke-19 pada periode tsar. Pada saat itu, salah satu jeweler terkemuka yaitu Peter Carl Faberge mencampurkan emas kuning dan logam tembaga, yang kemudian menghasilkan emas dengan warna unik yang lalu dinamakan sebagai “Russian Gold.” Inovasi Faberge kemudian populer dan ditiru oleh banyak jewelers terkemuka di seluruh dunia.

Di tahun 1920, Cartier mulai mengadopsi tren rose gold ini, dan men-design Trinity gold yang terdiri dari jalinan emas berwarna kuning, putih, dan rose gold dalam design-nya. Setelah event Wall Street 1929 dan Depresi Besar (Great Depression) tren ini kembali berlanjut seiring dengan kepopuleran logam yang dijadikan salah satu elemen esensial untuk bertahan hidup pada masa itu.

 

 

Rose Gold Terbuat Dari Apa?

 

Rose gold terkadang dikenal juga sebagai pink gold, karena sentuhan warna merah yang berasal dari campuran emas kuning, tembaga, dan logam lainnya yang membantu tekstur rose gold menjadi semakin solid. Dalam beberapa kasus, rose gold dengan kadar karat yang besar memiliki potensi yang lebih besar akan goresan, noda, dan cacat. Namun, kondisi dan kilaunya dapat dikembalikan dengan cara membersihkan dan memolesnya. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, perawatan rose gold dapat dilakukan dengan bantuan professional jewelers (beberapa di antaranya menawarkan service secara gratis, beberapa jam setelah pembelian).

Semakin banyak logam tembaga yang digunakan, maka akan semakin terlihat sentuhan warna pink dan merah dalam rose gold. Hal ini dikarenakan warna dari logam tembaga yang gelap – rose gold berkualitas baik biasanya di-mix dengan sedikit logam silver untuk membuat warnanya lebih bersinar – biasanya dengan campuran sebesar 2.5%.

 

 

Baca Juga : Mengejutkan Inilah Daftar Cincin Berlian Termahal Di Dunia

 

 

Apa Yang Membuat Rose Gold Populer?

 

Walaupun rose gold tidak selalu populer sepanjang waktu, namun kepopulerannya berawal dari sejarah yang panjang. Berawal dari Apple yang mengeluarkan koleksi fashion Apple Watch dengan aksen rose gold. Tidak dipungkiri bahwa rose gold sama iconic-nya dengan emas berwarna kuning yang klasik, dan sama elegan-nya dengan gelang/kalung dengan aksen white diamond.  Faktor lainnya yang membuat rose gold populer adalah: kesan romantic yang ditimbulkan saat sedang memakainya. Kedua, karakter rose gold yang lebih skin-friendly untuk orang yang berpotensi alergi emas.

Setelah mengetahui semua informasi tentang rose gold, tertarik untuk memilikinya? Banyak pilihan perhiasan rose gold yang tersedia di toko perhiasan offline maupun online. Namun agar lebih praktis, Anda bisa menemukan beragam pilihan perhiasan rose gold di www.whizliz.com. Ada banyak pilihan perhiasan cincin, gelang, dan kalung yang dapat digunakan untuk melengkapi penampilan di semua acara. Let’s find your rose gold jewelry and happy styling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 12 =