Sertifikat Berlian GIA, Supaya Lebih Pintar Sebelum Beli Perhiasan

Sertifikat Berlian GIA

Seberapa sering kamu membeli perhiasan sebagai bagian dari gaya hidup? Pasti sering mendapati berkas yang berisi informasi mengenai perhiasan yang dibeli. Ya, Sertifikat Berlian GIA yang memegang peranan penting dalam dunia perhiasan.

Dalam memahami sertifikat berlian GIA sangat penting baik untuk konsumen maupun penjual. Yang didalamnya terdapat beragam informasi mengenai seluk beluk perhiasan seperti anting emas, dan lain sebagainya. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa sebenarnya Sertifikat GIA itu mari kita bahas satu-persatu.

Sertifikat Berlian GIA

1.Badan Resmi Penelitian dan Penilaian Dunia Perhiasan

GIA merupakan badan resmi perhiasan yang sudah dibentuk puluhan tahun yang lalu. Atau lebih dikenal sebagai laboratorium yang dimana setiap harinya meneliti beragam perhiasan lalu mengeluarkan laporan.

Terdapat dua badan Resmi Penelitian yakni GIA dan AGS. Keduanya merupakan peneliti resmi yang dipercaya dilebih dari brand perhiasan diseluruh dunia termasuk Tiffany and Co. Sebagai standar dan informasi penting yang diberikan pada konsumen dan penjual.

2. Kelas dan Atribut

Dalam isinya, terdapat klasifikasi(kelas) dan atribut. Yang menampilkan berat karat, berat batu yang diukur hingga ke seratus karat. Nilai pada warna perhiasan diberikan dengan kisaran D sampai Z. Karena kebanyakkan kurangnya warna pada berlian.

Nilai potongan pada perhiasan didasarkan pada penilaian poor ke excellent. Sehingga informasi perhiasan tersebut bisa diterima sejelas-jelasnya. Seorang Ahli Gemologi merupakan penanggung jawab laporan ini.

Baca Juga : 5 Manfaat Perhiasan Yang Jarang Diketahui Orang

3. Nomor,Jenis dan, Ukuran Berlian

Ke-3 laporan meliputi nomor, jenis, dan ukuran menjadi faktor yang menentukan penilaian bagus atau tidaknya. Dengan meminimalisir kesalahan, ke-3 nilai tersebut juga bisa diverifikasi melalui situs web lab gemologi.

Dalam karakteristik atau jenis, terdapat informasi mengenai berlian. Meliputi Bentuk batu, dan bentuk potongannya. Seperti Round Brilliant. Terdapat juga dimensi fisik sebagai data tambahan.

4. Diagram 

Sebagai bentuk menganalisis bentuk dan sidik jari dari berlian. Diagram Referensi menjadi identifikasi tanda-tanda cacat yang ditemukan pada apapun jenis berlian. Blemishes (eksternal) warna hijau, inklusi(internal) warna merah.

Lalu ada Diagram Proporsi, sebagai bahan analisis berlian berdasarkan angka dalam tabel dan kedalaman (dalam%). Ditambah tabel sudut mahkota,sudut paviliun dan ketebalan korset.

5.Penilaian Dari Hasil Penelitian

Setelah diteliti dan mendapatkan banyak data dari berlian atau perhiasan, hasil tersebut terdapat 2 faktor penting yang menjadi patokan. Polesan dan simetri. Yang mempengaruhi daya tarik bentuk dan penampilan berlian.

Selanjutnya ada Deskripsi sifat fluoresensi berlian. Yang digambarkan berdasarkan intensitas dan warna yang bersinar. Warna sinar yang menerangi itu adalah Ultraviolet (UV).

6.Keamanan dan Tanda Keaslian

Pada bagian akhir, terdapat fitur keamanan yang mengindikasikan bahwa berlian dan perhiasan yang dianalisis oleh tim GIA telah melewati banyak tahap sehingga bisa dijamin keamanannya. Ditandai dengan bentuk hologram.

Pada bentuk luar, terdapat Tanda Keaslian kode produk universal atau stempel timbul. Lab GIA menyediakan layanan verifikasi online, supaya lebih mudah memverifikasinya secara mudah.

Pembahasan sudah selesai sampai disini. Apakah kamu puas dengan penjelasan tadi? Jika ya sebarkan artikel ini di sosial media kamu supaya yang belum tahu, supaya tidak lagi harus bertanya di internet. Terus ikuti pembahasan berikutnya hanya di Whizliz.com Ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =