Semua Yang Harus Diketahui Tentang Alergi Perhiasan

Alergi Terhadap Perhiasan

Siapa yang tidak ingin berpenampilan menawan? Baik wanita maupun pria pasti menginginkannya? Beragam cara yang dapat dilakukan, seperti mengenakan outfit senada, atau menggunakan perhiasan untuk mempercantik penampilan. Perhiasan adalah salah satu cara instan agar penampilan makin maksimal. Ada banyak pilihan seperti gelang, kalung emas, cincin, dan liontin yang hadir dalam beragam design dan bahan logam yang berbeda. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa jenis logam tertentu dapat mengakibatkan alergi kulit pada beberapa orang.

Biasanya perhiasan berbahan stainless steel atau besi lebih berisiko menimbulkan alergi. Perhiasan berbahan stainless/besi biasanya menggunakan nikel sebagai bahan campuran. Bahan nikel dapat menyebabkan terjadinya Alergi Perhiasan kulit pada orang-orang yang sensitive. Perlu dicatat bahwa perhiasan emas dengan kualitas kurang baik juga memiliki campuran nikel yang dapat memicu alergi. Lalu, bagaimana caranya mengetahui alergi pada perhiasan dan bagaimana cara untuk memilih perhiasan yang aman & tidak akan menimbulkan alergi? Simak 4 cara efektif berikut ini.

 

 

Tips Efektif Menanggulangi Alergi Perhiasan

Pilih Perhiasan Berkarat Tinggi

 

 

Penyebab terbesar alergi adalah campuran nikel. Untuk menghindari alergi, pilih perhiasan dengan kadar karat tinggi. Anda bisa memilih perhiasan emas dengan kadar 14K atau 18K. Selain itu, sebaiknya hindari perhiasan emas putih karena biasanya memiliki lapisan rhodium yang dapat habis sehingga bahan nikel di dalamnya dapat terpapar langsung dengan kulit. Jika ingin membeli emas putih, pastikan yang tidak memiliki campuran nikel.

 

 

Re-Polish Perhiasan

 

Tidak masalah jika perhiasan yang Anda miliki bukan berbahan emas. Namun untuk mengindari munculnya alergi, sebaiknya lakukan re-polish pada perhiasan dengan bahan yang lebih aman seperti platinum dan emas. Agar lebih aman, Anda dapat menggunakan kortikosteroid sebagai lapisan akhirnya. Anda bisa meminta bantuan jewelry expert untuk hal ini.

 

 

Hindari Penggunaan Body Jewelry

 

Body jewelry adalah perhiasan seperti gelang, kalung, dan cincin yang dikenakan untuk waktu yang lama, secara terus menerus & tidak dilepas. Ini akan meningkatkan risiko Anda mengalami alergi kulit. Gelang, kalung, dan cincin yang dipakai berhari-hari, berbulan-bulan, hingga bertahun-tahun dapat mengakibatkan ruam hingga Alergi Perhiasan parah pada kulit. Sebaiknya gunakan perhiasan yang tidak langsung bersentuhan dengan kulit & dapat dilepas seperti kalung panjang dengan pendant atau celebration ring yang bisa dengan mudah dilepas.

 

 

Menggunakan Cat Kuku Transparan

 

Jika Anda sedang menggunakan perhiasan imitasi, lapisi permukaan perhiasan dengan cat kuku transparan. Ini akan menghindari kulit Anda bersentuhan langsung dengan bahan yang dapat menimbulkan alergi pada kulit. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah, namun sebelumnya steril-kan dulu perhiasan dengan cairan alkohol. Setelah itu, lapisi lagi perhiasan dengan cat kuku transparan.

Cara mana yang menurut Anda lebih mudah dipraktekan? Apapun caranya, sebaiknya saat membeli perhiasan, lakukan tes dulu pada kulit Anda. Sentuhkan perhiasan pada kulit, jika muncul ruam atau reaksi alergi lainnya, sebaiknya pilih perhiasan lain yang lebih aman.

 

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

       ●  Memakai Perhiasan Ternyata Menunjukkan Kepribadian Loh!

       ●  3  Tips Memilih Perhiasan Sesuai Warna Kulit

       ●  5 Manfaat Perhiasan Yang Jarang Diketahui Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =